1. Supportive
and defensive climate
·
Supportive Communication (komunikasi bersifat
suportif). Secara efektif komunikasi seperti ini digunakan untuk memberikan
perhatian, dibandingkan dengan mengevaluasi orang lain. Perilaku-perilaku yang diterapkan (behaviors):
1) Description
2) Problem
Orientation
3) Spontaneity
4) Empathy
5) Equality
6) Provisionalism
·
Contoh: -Menjelaskan bukan menghakimi
seseorang. “Saya merasa marah disaat kamu telat, dan kamu tidak menelfon,
karena saya begitu khawatir” dari perbincangan itu terdapat perhatian dan fokus
masih terhadap si pembicara.
·
Defensive Communication (komunikasi bersifat
defensif). Jenis komunikasi seperti ini dilakukan oleh orang yang mencurahkan
sejumlah besar energi pribadi untuk perlindungan diri(defensif).
1) Evaluation
2) Control
3) Strategy
4) Neutrality
5) Superiority
6) Certainty
·
Contoh:
-“Kamu sering
sekali telat!” sang pembicara memberikan kata-kata yang sangat menghakimi.
Hanya melihat kepada satu sisi.
-Anton dan
Toni berjalan di toko kaca dan tidak sengaja Toni terpeleset hingga menyenggol
Anton sampai ada kaca yang jatuh dan pecah. Anton bicara bahwa itu bukan
salahnya, namun Toni tidak mau disalahkan karena menurutnya Anton lah yang
menjatuhkannya. Toni menunjukan sifatnya yang membela diri (defensif) karena tidak mau disalahkan.
|
Supportive
|
Defensive
|
Description VS Evaluation
|
Menjelaskan bukan menghakimi.
|
Menimbulkan rasa membela diri. Pernyataan-pernyataan yang
menghakimi
|
Problem Orientation VS Control
|
Hasil dari kebersamaan (musyawarah). Bekerjasama
|
Memaksakan. Mengkontrol berlebihan.
|
Spontaneity VS Strategy
|
Bersifat jujur . tidak menutup-nutupi
|
Menyembunyikan maksud tersendiri. Tidak jujur
|
Empathy VS Neutrality
|
Memberikan sepenuhnya perhatian, pengertian, dan support
|
Kurangnya perhatian
|
Equality VS Superiority
|
Berdiri sejajar bersama orang lain.
|
Menyatakan dirinya lebih baik dari orang lain.
|
Provisionalism VS Certainty
|
Mempunya pendapat yang masih bisa berubah
|
Menolak secara fundamental
|
FACTOR OF INFLUENCE PATTERN
Stage of relationship and context
Pola komunikasi dalam hubungan sangat bervariasi dari satu tahap
ke tahap lainnya. Tentu, orang bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya
berinteraksi dengan cara yang berbeda dari orang-orang yang telah hidup bersama
selama beberapa tahun. Sifat pola interpersonal yang juga bervariasi tergantung
pada konteks di mana percakapan berlangsung. Orang-orang bertemu di sebuah toko
kelontong yang sangat mungkin untuk bertindak dan bereaksi secara berbeda satu
sama lain daripada jika mereka berbicara di sebuah bar atau di bisnis
pemasaran. Bersama-sama, kedua faktor menjelaskan banyak variasi dalam pola
komunikasi dalam hubungan.
Interpersoal needs and styles
Selain dampak langsung dan lebih jelas dari stage
and context, kebutuhan interpersonal dan gaya dari individu-individu yang
terlibat merupakan pengaruh lain pada komunikasi dalam hubungan. Sering tercatat sebagai sangat penting dengan cara ini adalah
kebutuhan interpersonal untuk kasih sayang, inklusi kontrol, dan. William
Schutz telah menyarankan bahwa keinginan relatif kami untuk memberi dan
menerima kasih sayang, yang termasuk dalam kegiatan orang lain dan
memasukkannya ke dalam kita, dan mengendalikan orang lain dan dikendalikan oleh
mereka yang sangat mendasar untuk orientasi kami untuk hubungan sosial dari
semua jenis.
Kita masing-masing mengembangkan kebutuhan kita sendiri tertentu
relatif terhadap kontrol, kasih sayang, dan inklusi, seperti yang kita lakukan
di daerah lain. Profil khususnya kebutuhan yang kita miliki, dan bagaimana
cocok dengan orang-orang lain, bisa menjadi penentu utama dari pola relasional
yang dihasilkan. Misalnya, kita bisa berharap bahwa satu orang dengan kebutuhan
tinggi untuk kontrol dan lain dengan kebutuhan yang sama kuat untuk
dikendalikan akan berfungsi dengan baik bersama-sama. Yang pertama akan jatuh
nyaman dalam peran kepemimpinan yang dominan, sedangkan yang kedua akan sangat
bersedia untuk mengikuti. Jika, di sisi lain. Dua orang yang bekerja atau hidup
bersama harus sama tinggi (atau rendah) perlu untuk kontrol, yang bisa
memprediksi banyak konflik (atau kurangnya ketegasan dalam hubungan.
Gaya interpersonal juga memainkan peran penting dalam membentuk
pola komunikasi yang muncul dalam hubungan. Seperti telah dibahas sebelumnya,
beberapa orang operasi yang lebih nyaman dengan cara, keluar sangat verbal
dalam hubungan mereka dengan orang lain, sementara yang lain khas mengadopsi
gaya interpersonal lebih pasif dan terkendali, karena baik untuk preferensi
atau kekhawatiran tentang berbicara dalam situasi sosial. Mereka yang
menggunakan banyak gaya yang lebih keluar dengan pikiran dan perasaan mereka
dengan cara yang, terus terang tegas. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka
meminta untuk itu. Jika mereka merasa marah, mereka membiarkan orang lain tahu.
Jika mereka merasa dimanfaatkan, mereka mengatakan demikian. Jika mereka tidak
mau mematuhi permintaan, mereka memiliki sedikit kesulitan mengatakan
"tidak!" Berbeda dengan gaya eksternalisasi komunikasi interpersonal,
gaya internalisasi melibatkan "menyerap" pesan verbal dan nonverbal
dari orang lain, memberikan penampilan luar penerimaan, pengertian, dan bahkan
dorongan, terlepas dari pikiran seseorang atau perasaan. Untuk setiap dari
beberapa alasan, orang-orang yang cenderung menggunakan gaya internalisasi
sering "Botol up" perasaan pikiran, pendapat. Mereka jarang mengatakan demikian. Jika mereka merasa dimanfaatkan,
mereka dapat memungkinkan situasi untuk melanjutkan ketimbang menghadapinya
secara terbuka.
Meskipun beberapa dari kita menggunakan gaya secara eksklusif,
kita sering mendukung satu pendekatan di atas yang lain di sebagian besar
hubungan kita dengan orang-orang, dan, tergantung pada gaya orang-orang dengan
siapa kita berada dalam hubungan, ini faktor saja dapat menjadi pengaruh utama
dalam membentuk interaksi dan hubungan kita.
Komunikasi pribadi antar dalam hubungan juga dibentuk oleh
distribusi kekuasaan. Dimana satu individu digunakan oleh yang lain, misalnya,
hubungan yang asimetris, atau tidak rata, dalam hal kekuatan yang sebenarnya
masing-masing dalam situasi pekerjaan majikan dapat melakukan kontrol lebih
besar atas bahwa segi hubungan, asalkan lainnya orang tidak berhenti. Hanya
sebagai konsekuensi dari kontrol atas sumber daya tidak merata dan pengambilan
keputusan.
Ada situasi serupa di mana asimetri mempengaruhi komunikasi antar
pribadi. Hubungan antara terapis dan pasien, guru dan siswa, orang tua dan
anak, atau atasan dan supervisee adalah salah satu contoh yang paling umum.Dalam
masing-masing, salah satu anggota hubungan memiliki kontrol atas aspek
tertentu. Yang lain hidup, keadaan yang umumnya memiliki dampak besar pada pola
komunikasi antar pribadi yang berkembang.
Dalam rekan - rekan, rekan - rekan atau hubungan lain jenis ini,
ada potensi untuk simetri. Dimana kemungkinan ini ada, komunikasi pribadi antar
menciptakan bukannya melanggengkan dependensi yang dihasilkan.
Conflict
Kehadiran konflik ke tidak cocokan kepentingan
antara dua orang atau lebih sehingga menimbulkan perjuangan antara mereka"
dapat memiliki dampak besar pada dinamika komunikasi. Komunikasi Peneliti Alan
Sillars menunjukkan bahwa ketika orang terlibat dalam konflik situatuions
mereka mengembangkan teori-teori pribadi mereka sendiri untuk menjelaskan
situasi. Teori-teori ini, pada gilirannya, memiliki pengaruh besar pada
bagaimana interactants berurusan dengan satu sama lain.
Sillers menemukan bahwa ada tiga strategi komunikasi umum
digunakan dalam resolusi konflik.
RELATIONAL
PATTERNS
Contoh-contoh model
komunikasi dalam film Finding Nemo
Supportive communication
ketika dori perama kali beremu dengan nemo adalah pada saat dori baru saja
di tinggal pergi oler marle, saat itu dori tengah lah panik dan lupa akan
segalah hal akibat penyakitny yang di sebut short trm memory syndrome. di aegan
itu nemo yang pertama kali menyapa dori dan berkata apa yang sedang kamu
lakukan, aku telah kehilangan seseorang, nemo berkata baiklah kalo begitu, mari
kita bersama sama mencari orang itu
Defensive communication
Disaat Dory menjatuhkan kacamata selam yang bertuliskan petunjuk dimana
Nemo berada, lalu Marlin menyalahkannya akan hal itu tetapi Dory mengelak dan
membela diri sendiri.
FACTOR OF INFLUENCE PATTERN
Stage of
relationship and context
Disaat Marlin(ayah Nemo)
yang sedang mencari anaknya Nemo bertemu dengan teman perjalannya Dory dia
mengenalnya secara perlahan,lama kelamaan menjadi semakin akrab dan saling
mengetahui kelemahan dan keunggulan masing-masing.
Interpersonal needs and style
Di dalam hubungan antara
marlin dan Dory mereka saling mengerti satu sama lain dimana mereka mempelajari
watak satu sama lain yang membuat mereka nyaman dan dapat menempatkan diri
dengan tolak ukur tersendiri sehingga mereka sebisa mungkin dapat menghindari
konflik.
Power
Dimana sifat Marlin yang lebih bijaksana, hati-hati dalam
mengambil keputusan, dan selalu mempertimbankan sesuatu membuat dia lebih
dominan dalam menjadi pemimpin perjalannya dengan Dory.
Conflict
Terjadi di saat keponakan dokter gigi yang memelihara
Nemo di akuarium marah karena dia mengira ikan yang di berikan pamannya telah
mati, disini terjadinya perbedaan kepentingan dimana keponakan dokter itu ingin
ikan yang hidup tetapi pamannya memberinya ikan yang sudah mati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar